Sabtu, 13 Januari 2018

Hi Everyone


Jadi bulan September tahun 2017 lalu (mohon maklum ya, kalau nulis ga pernah real time :P), temenku Tari ngajak main ke tiga pulau di kepulauan seribu dalam satu hari. Tiga pulau dalam satu hari? emangnya bisa? Bisa banget! Ada trip ke pulau Kelor, Onrust, dan Cipir, dengan budget below 100k include makan siang. Karna dipikir-pikir murah meriah dan udah lama ga main ke pantai, kuy lah.

Meeting point untuk ke sana adalah Dermaga Kamal Muara. Dari jasa tripnya, kita disediakan kapal untuk menyebrang dari Dermaga ini. Dari jam 07.30 pagi, kita udah sampai Dermaga, dan sekitar jam 08.00 kapal berangkat ke destinasi pertama, pulau Kelor.


 Suasana pagi hari, Dermaga Muara Kamal


 Sebelum naik kapal


Siap berangkattt


1. Pulau Kelor

Waktu yang dibutuhkan sekitar satu jam untuk sampai ke sini, dan begitu sampai, ruameeeenya minta ampun. Tapi walaupun rame, salut banget pulau kecil ini tetap bersih. 






Jadi guys, Pulau ini dulunya adalah tempat galangan kapal dan terdapat Benteng yang dibangun VOC untuk menghadapi serangan Portugis. Waktu ke sana sih, ga ngerti ya galangan kapalnya di sebelah mana dan yang masih kokoh berdiri adalah Benteng Martello


Benteng Martello




Di pulau ini kalau mau berenang, monggo aja, ada sisi pulau dengan pasir halus yang aman untuk berenang. Kebanyakan orang kalau ke sini sih ga berenang ya, karna habis dari sini masih melanjutkan perjalanan ke pulau yang lain. Kalau aku dan Tari sih, sibuk foto sana sini dan berjemur aja hehehe




Selain mie aceh, bahagiaku ya leyeh-leyeh di pantai. berjemur biar ga pucet


2. Pulau Onrust

Dari pulau Kelor, destinasi selanjutnya adalah pulau Onrust. I'm so excited! Kenapa?
Karna pulau ini sudah hidup diimajinasi kepala sejak SMP berkat satu novel. Adakah dari kalian yang pernah baca novel "Rahasia Meede, Misteri Harta Karun VOC" karya E.S Ito? Kalau iya, kita segenk dan pasti paham kalau di pulau ini emas batangan VOC dikuburkan menurut novel tersebut.



Pulau Onrust ini memiliki sejarah yang panjang. Pernah menjadi tempat peristirahatan keluarga kerajaan Banten, galangan kapal di masa VOC, menjadi pulau pertahanan, tempat karantina haji, tempat tawananan, hingga di masa kemerdekaan tempat ini manfaatkan sebagai rumah sakit karantina untuk penyakit menular, penampungan gelandangan dan pengemis, dan latihan militer. Akhirnya, pulau ini sempat terbengkalai dan tak dimanfaatkan sehingga terjadi penjarahan untuk material bangunan secara besar-besaran sampai kemudian ditetapkan menjadi pulau bersejarah oleh Gubernur DKI pada tahun 1972. Membaca sejarah pulau Onrust di museum yang ada di pulau tersebut, membuat sadar kalau pulau ini benar-benar sudah tua, dan sedikit mistis.

 Onrust masa lampau


Jejak-jejak bangunan masa lampau


 Naik ke suatu tower, lalu takut jatuh. Yang mau naik ke tower ini hati-hati yah. Tangganya ringkih, anginnya kenceng


 Dari atas tower





3. Pulau Cipir

Ini dia pulau terakhir yang kita datangi, Pulau Cipir. Sama seperti pulau Onrust, dan Kelor, pulau ini memiliki Benteng peninggalan Belanda di zaman VOC. Bedanya, sisa-sisa bangunannya lebih banyak. Nah, di pulau ini banyak banget yang berenang, bahkan ada yang camping.

 Akhirnya punya foto yang cukup proper berdua dengan anak ini, hasil minta tolong orang jepretin









Dengan budget below 100k, bisa main ke tiga pulau ini, menurut aku sangat-sangat worth it ya. Sudah include makan siang lagi. Buat kalian semua yang hari minggunya ga tau mau main ke mana, bisa banget cobain main ke tiga pulau ini. Suasananya masih enak walaupun rame, dan instagramable banget hehehe

Oya, kita pulang sekitar jam 4 sore dan ada sedikit drama. Jadi ada kapal lain yang terjebak di tengah lautan, entah karna mesinnya mati atau apa, dan dari kapal kami yang membantu. Antar kapal seperti mau tabrakan pas bantuin dan udah miring-miring kaya mau tenggelam. Orang-orang udah pada teriak-teriak, tapi untungnya semua aman terkendali dan bisa lanjut pulang dengan selamat.

Ubiet's Story . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates